3 Cara Menghabiskan Uang Untuk Bersenang-senang.

Pastinya, semua orang ingin bisa menghabiskan uang hasil kerja kerasnya untuk bersenang-senang. Tapi, Kamu sering merasa bersalah jika uang itu hanya digunakan untuk foya-foya, ternyata sudah habis. Memang benar bahwa kamu tidak dapat menghabiskan uang untuk sesuatu yang kamu nikmati tanpa merasa bersalah.

Apa yang biasanya kamu lakukan untuk bersenang-senang? Masing-masing punya jalannya sendiri. Beberapa orang suka mengoleksi sepatu. Ada yang suka berburu kuliner. beberapa semakin memilih untuk bepergian ke luar negeri untuk jalan-jalan.

Sama seperti berdiet untuk menjaga kesehatan tubuh, bisa termasuk membatasi diri menggunakan uang untuk menjaga kesehatan finansial yang sesungguhnya, membatasi diri untuk berdiet, dan tidak menghabiskan uang untuk bersenang-senang justru bisa membuat kamu “meledak” suatu hari nanti.

Bersenang-senang, menghabiskan uang untuk kesenangan khusus tidak pernah dilarang. Namun, ada cara untuk bersenang-senang tanpa merasa bersalah.

1. Selesaikan dulu semua kewajiban yang ada.

Memenuhi semua kewajiban memastikan bahwa sisa uang dapat digunakan untuk apa pun yang kamu inginkan. Apa yang dimaksud dengan kewajiban? Membayar semua tagihan bulanan dan membayar cicilan adalah hal yang penting. Pastikan kamu telah menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung sebelum bersenang-senang.

2. Tetapkan aturan untuk membelanjakan uang

Meskipun bersenang-senang diperlukan dari waktu ke waktu dan merupakan bagian penting dari menjalani kehidupan yang bermakna, tetap harus mengikuti aturan untuk membelanjakan uang.

Misalnya, jangan pernah menggunakan kartu kredit atau meminjam uang dari siapa pun untuk membiayai kesenangan yang di inginkan. Kesenangan itu harus dibiayai dengan uang pribadi, tanpa menggunakan uang orang lain atau berhutang.

Aturan praktis lainnya adalah menetapkan anggaran untuk bersenang-senang di awal bulan dan tidak menambah anggaran jika uang sudah habis di pertengahan bulan. kamu harus menunggu sampai bulan depan jika ingin bersenang-senang lagi.

3. Pastikan kesenangan itu tidak disebabkan oleh emosi kamu sendiri.

Terkadang, meskipun suasana hati mu sedang tidak baik / ada banyak tekanan di kantor, kamu mudah terbawa emosi dan ingin menyenangkan diri sendiri. / Bahkan jika kamu suka berbelanja dan  melihat ada banyak diskon, Kamu membiarkan diri pergi berbelanja dan Kamu melihat ada banyak barang diskon, Lalu terbawa emosi dan Kamu menghabiskan uang untuk tidak melewatkan diskon.

Itu disebut bersenang-senang untuk sensasi sesaat. pastikan untuk memanjakan diri sendiri bukan dengan emosi/godaan. Salah satu cara untuk memastikannya adalah dengan menjadwalkan kapan kamu bisa menghabiskan uang untuk bersenang-senang. Jika waktunya belum tiba, Intinya Kamu hanya perlu bersabar.

Kelola keuangan kamu menggunakan aplikasi Keuangan Punya kamu seperti aplikasi di bawah ini sebelum menghabiskan uang untuk bersenang-senang, Kamu hanya perlu mengetahui kondisi keuangan yg kamu miliki dan mengelola keuanganmu dengan cara yang baik.

Aplikasi keuangan ini dapat membantu Kamu memastikan bahwa kamu membayar semua tagihan bulanan tepat waktu dengan fitur transfer dan paket otomatis yang dapat di pilih.

Kamu juga dapat memasukkan anggaran untuk setiap kebutuhan, termasuk kebutuhan untuk bersenang-senang, di aplikasi ini dengan membuat tas kebutuhan setiap saat.


Jangan khawatir, sudah termasuk kantong yang bisa dikunci yang bisa mengamankan tabungan agar tidak kehabisan untuk digunakan semuanya untuk keperluan khusus Kamu sendiri.

Close